Advertisement

Friday, May 30, 2014

Konsep Exoskeleton Bagi Petugas Pemadam Kebakaran


Kita mungkin sering melihat dalam fiksi ilmiah gambar exoskeleton yang menutupi tubuh, seperti cerita tentang orang biasa menjadi superman seperti Iron Man. Exoskeleton tidak hanya berguna untuk melindungi tubuh saja tapi juga memungkinkan seseorang untuk membawa beban yang sangat berat, serta membantu menggerakkan otot lainnya dengan dengan berjalan dan berlari. DARPA telah membangun exoskeletons untuk tentara, dan NASA sedang menguji exoskeletons untuk membantu astronot melakukan latihan fisik di ruang angkasa . Tapi sekarang seorang mahasiswa dari Monash University di Melbourne, Australia, telah memperluas ide ini untuk pemadam kebakaran, menciptakan konsep sebuah exoskeleton yang membantu pemadam kebakaran .

Untuk melawan api biasanya harus membawa berbagai keperluan dengan membawa berat sekitar 22 kg. Dalam keadaan darurat mungkin beratnya bisa mencapai 55 kg.



Exoskeleton untuk pemadam kebakaran akan dirancang khusus untuk membantu menanggung berat 90 k . Exoskeleton mendukung gerakan otot, karena berjalan 20 langkah rentang akan lebih mudah, lebih cepat, sehingga saat ada kebakaran dapat menyelamatkan lebih banyak orang.


0 comments:

Post a Comment