Advertisement

Thursday, June 5, 2014

[Konsep] Pohon yang Dapat Memasok Air Minum Segar


Kita mungkin harus banyak bersyukur jika kita telah hidup dilingkungan yang berkecukupan air bersih. Karena masih banyak ratusan juta penduduk di dunia yang krisis air bersih, 90% diantaranya hidup didaerah di Sub-Sahara, Afrika dan Asia. Bahkan Indonesia juga masuk dalam sorotan krisis air bersih. Dan kini, Amerika Serikat juga mulai menghadapi ancaman krisis air bersih.

Untuk sekarang, beberapa pakar telah membuat konsep pohon yang dapat memasok air minum segar. Dan  mungkin akan diterapkan di daerah gurun tropis Afrika dan Amerika. Seperti yang telah digambarkan, Pohon ini dapat menghasilkan air minum yang segar dengan aman. Sehingga bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi kriris air bersih.




Seperti kita tahu, suhu di daerah tersebut menunjukkan perubahan yang tidak menentu antara siang dan malam, sehingga hampir mustahil untuk penduduk asli daerah tersebut dapat memperoleh sumber tetap untuk air bersih. Harapan dari perangkat yang berbentuk pohon besar ini adalah dapat menyerap kelembaban dari udara untuk memasok air minum. Cara kerja dari pohon ini adalah permukaan pohon yang melipat besar dan luas ialah agar dapat meraih kelembaban atau air partikel dari udara, yang menetes ke bawah dari kolom pusat dan melewati serangkaian filter untuk menghasilkan air bersih yang dapat diminum. 



Air ini kemudian dapat dibagikan dengan cara yang mudah karena dilengkapi dengan keran. Ide ini merupakan ide yang sangatlah indah. Meskipun ini masih sebuah konsep namun, pemerintah harus segera mengubahnya menjadi sebuah kenyataan. Mengingat kembali banyaknya ratusan juta penduduk yang masih kekurangan air bersih.


0 comments:

Post a Comment